Minggu, 24 Maret 2013

Memindah Daftar Kontak Antar Handphone

Bluetooth
Smartphone baru
Ternyata kadangkala cara simpel dalam memecahkan suatu persoalan itu lebih baik dan lebih cepat untuk sampai pada solusinya. Barangkali ini juga pernah terjadi pada diri anda, saya mengalaminya kemarin.

Saya mau cerita sedikit mengenai bos saya (pemilik perusahaan tempat saya bekerja sebagai kuli bangunan di Lamongan), beliau ini punya kebiasaan gonta-ganti handphone setiap tahunnya kadang-kadang sampai dua atau tiga kali, beliau ini gak mau kalah dengan anak muda sekarang, padahal usianya sudah tidak ABG lagi.

Saya ndak mau ngurusi beliau mau ganti hp sembilan belas kali atau sampai seratus kali ndak jadi persoalan, ndak ngerugikan saya, pake uang-uangnya sendiri, ngapain saya mesti mikirin itu. Tapi ternyata kebiasaan ini akhirnya merepotkan saya sebagai kulinya.

Semula beliau sangat familier dengan salah satu merek handphone (mau apapun jenis dan berapa harga hpnya yang penting mereknya tetap sama). Seiring perkembangan teknologi dan tuntutan pergaulan akhirnya dia mencoba beralih ke merek lain.

Muncullah persoalan ketika beralih pake merek lain, dulu ketika pergantian dari hp satu ke hp lain yang masih satu merek ndak jadi persoalan, cukup saya copy paste daftar kontak dalam bentuk file .vcf dari hp lama via komputer ke hp baru jadilah semua kontak berpindah tempat. Tapi dengan beda merek ini membuat saya berputar-putar mencari solusi pemindahannya, itu setelah saya gagal menerapkannya dengan cara yang sama.

Cari-cari info melalui paman google dengan kata kunci memindah kontak dari A ke B, nyasar di sebuah blog yang menginfokan ternyata kedua hp ini bentuk filenya berbeda, yang lama .vcf dan yang baru .ipd, akhirnya memaksa saya mengikuti cara yang lumayan ribet, harus menginstall dua software ke PC, salah satunya berfungsi merubah file .vcf ke .idp.

Sambil menunggu proses install yang lumayan lama ini (..dan si bos udah ndak sabar dari tadi nanya mulu,"wes mari ta?) saya iseng mencoba memindah salah satu kontak dari hp lama ke hp baru melalui bluetooth dan ternyata sukses (padahal dari awal sudah kepikiran mau mencoba cara ini), akhirnya proses install saya cancel dan semua kontak berhasil saya pindah dengan cepat ke hp baru.....grubyak, nyesel kenapa ndak dari tadi, waalah.
mad0223 Free Emoticons   Anger

Quote:
"Bos...cukup sudah gonta-ganti hpnya ini saja yang terakhir, jangan menyengsarakan karyawanmu lagi"  :)

Silahkan dibaca juga:

6 komentar:

  1. kalo kesulitan mindah otomatis bisa secara manual tuh hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mas kadang-kadang malah yang manual itu lebih cepet :)

      Hapus
  2. aku juga sering seperti itu sob,, ganti2 hape.. biasanya kalo masih satu pabrikan ada pc suite yg bikin mudah backup atau mindah data antar hp

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya itulah yang terjadi pada keabanyakan orang mas, gonta-ganti hp bisa lebih sering dari ganti sandal atau bahkan ganti sikat gigi :)

      Hapus
  3. Via bluetooth berarti kontak per kontak donk dipindahi gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, tinggal centang ALL, dan kirim ....dua menit semua kontak terpindah

      Hapus

Komentar saja ndak usah bayar, silahkan...monggo