Sabtu, 05 April 2014

Kenangan Tentang Kurt Cobain

Hari ini, tepat 20 tahun yang lalu, Kurt Cobain meninggal dunia karena bunuh diri. Siapa yang ndak mengenal vokalis, gitaris, penulis lagu sekaligus frontman Nirvana, grup musik grunge paling sukses itu?

Pahlawan music alternatif ini tewas mengenaskan di usia 27 tahun pada 5 April 1994. Jasadnya ditemukan tiga hari kemudian dengan sebuah senapan tergolek di sampingnya. sebuah ironi, sebab dalam salah satu hitsnya Come As You Are, Cobain menulis "And I swear that I dont have a gun".

Sedikit menengok ke masa awal 90-an, ketika musik rock merajalela, dan genre pop juga tak mau kalah, ketika Michael Jackson berjoget ria dalam Black or White, ketika Metallica menggema lewat Unforgiven. Saat itulah Nirvana yang beranggotakan Kurt Cobain, Krist Novoselic dan Dave Grohl menggebrak seantero dunia dengan single dasyatnya Smells Like Teen Spirit dalam album Nevermind yang sempat mengalahkan Michael Jackson di tangga lagu Billboard.

Cobain mungkin jadi menginspirasi banyak orang, dia adalah salah satu legenda musik rock. Karyanya mungkin ndak diterima sebagian kalangan, tapi semangat dan bakatnya ndak terkalahkan. Lirik-lirik lagunya mencerminkan kehidupannya yang kesepian akibat perceraian orang tuanya, hingga membenci diri sendiri dan akhirnya membekas dalam lagu Lithium, "I’m so happy cause today I’ve found my friend, They’re in my head, I’m so ugly, but that’s okay cause so are you".

Jiwa pemberontakannya tercermin dalam lagu Smells Like Teen Spirit, "With the lights out, it’s less dangerous. Here we are now, entertain us. I feel stupid and contagious. He we are now, entertain us".

Mungkin benar apa yang dikatakan Dave Grohl yang sekarang sukses dengan band barunya Foo Fighters dalam bait lagu A Friend Of A Friend, "He needs a quiet room, with a lock to keep him in, it's just a quiet room, and he's there", dan kenyataannya Cobain sudah tenang sejak 20 tahun yang lalu.

Tapi dia seolah masih hidup, suaranya, musiknya masih terdengar lewat kaset album In Utero yang saya putar di tape recorder lama saya, sore tadi. He's my idol.


Selamat hari sabtu, sodara

Silahkan dibaca juga:

2 komentar:

  1. saya kurang tahu dengan vokalis ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin di era jayanya sampean belum lahir mas

      Hapus

Komentar saja ndak usah bayar, silahkan...monggo