Selasa, 27 Mei 2014

Isra' dan Mi'raj

Dulu saat masih kecil, peringatan isra mi'raj terasa lebih berkesan bagi saya. Di langgar (surau) tempat saya ngaji setiap malam 27 rajab, digelarlah acara pengajian, para santri membawa jajanan ala kadarnya dari rumah. Mbah kyai menyiapkan nasi ambeng yaitu setampah nasi putih dikelilingi bandeng goreng, telur rebus, sayur urap-urap, opor ayam dan tempe goreng.

Sehabis maghrib semua santri telah berkumpul di langgar. Jajanan yang mereka bawa dicampur jadi satu dalam sebuah talam besar. Sebuah mimbar untuk pembicara telah siap di depan susunan dampar atau bangku yang berderet dua-dua bershaf-shaf, tempat para santri menyandarkan tangan sambil duduk bersila. Tiga buah tampah ambeng terlihat di belakang mimbar.

Setiap tahunnya acara dimulai dengan alunan bacaan al quran surat al isra dari salah seorang santri. Mbah kyai melanjutkan dengan kisah Rosulullah melaksanakan perjalanan isra dan miraj, turunnya perintah wajib sholat lima waktu dalam sehari semalam bagi umat islam. Beliau juga mengingatkan agar para santri menjaga sholat, karena sholat adalah tiang agama, diakhir ceramahnya doa dipanjatkan bagi keselamatan bersama.

Sebagai anak kecil yang masih polos, jujur saat itu saya lebih tertarik pada bandeng goreng, telur rebus dan suasana keramaian acaranya dari pada wejangan mbah kyai. Satu buah ambeng dikeroyok tujuh sampai sepuluh bocah santri, termasuk saya. Nasi dimakan dengan tangan telanjang, dipuluk tanpa sendok dan garpu. Setelah ikut menghabiskan isi tampah saya kemudian berebutan mengambil jajanan yang dikumpulkan di talam besar itu, tentu memilah yang paling enak, tentu bukan memilih lemper yang saya bawa dari rumah.

lemper
Jajanan bawaan dari rumah, bikinan emak

Sekarang duapuluhan tahun berlalu, hari ini mungkin lebih penting bagi kita tetap mengingat dan meresapi kisah dan pelajaran dalam persitiwa agung tersebut, Dan lebih penting lagi bagi kita wajib menjaga sholat. Semoga diberi kemudahan. Amin.

Silahkan dibaca juga:

2 komentar:

  1. dan lebaran sebentar lagi.. *siap - siap main ke rumah temen - temen muslim* :D

    BalasHapus

Komentar saja ndak usah bayar, silahkan...monggo