Sabtu, 31 Maret 2012

Sudahkah menyampaikan SPT Tahunan?

Kantor Pelayanan Pajak Pratama Lamongan
Suasana di depan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Lamongan sehari sebelum batas waktu penyampaian SPT Tahunan terakhir untuk Wajib Pajak (WP) orang pribadi yaitu tanggal 31 Maret (tiga bulan setelah berakhir masa tahun pajak)

Kemarin ke kantor pajak untuk menyampaikan SPT Tahunan istri dan ipar saya, punya saya sendiri sebenarnya sudah lama sekitar 2 bulan lalu saya laporkan. Dari rumah sudah membayangkan kalau akan terjadi antrian dari wajib pajak yang berjubel (maklum kan sehari sebelum batas akhir penyampaian SPT), sampai di sana Alhamdulillah tidak seperti yang saya duga, di area parkir sepeda sudah ada petugas khusus parkir, dengan ramah saya diarahkan untuk memarkir kendaraan. Masuk kantor pajak saya disambut lagi dengan tambah ramah oleh petugas yang menanyakan keperluan saya, katanya, "Ada keperluan apa mas?" sambil mengumbar senyum, setelah saya jawab,"Menyampaikan SPT Tahunan pak", dengan senyum pula petugas yang berpakaian seperti satuan keamanan itu memberikan  nomor antrian, "Silahkan mas...".

Nomor Antrian Pelaporan SPT Tahunan

Sayapun menuju area tunggu yang berderet kursi-kusi dan di depannya berjejer 4 loket khusus penerimaan SPT Tahunan, Waah...petugas loketnya cantik-cantik ooohhh...sexy banget...(ndobos), jare wong Lamongan....Megilan cak!, saya kebagian loket D nomor 7 (kok bukan D nomor 5 sekalian ya, biar tambah klop sama nomor rumah saya).

Ndak pakai nunggu lama kurang dari 2 menit tiba giliran saya, laporan saya serahkan, "Silahkan mbak,.." dengan sedikit basa-basi saya tanya lagi, "Terakhir kapan mbak..?"....jawab mbaknya dengan senyuman, "Besok mas, kita melayani terakhir sampai jam delapan malam". sambil menunggu mbaknya lagi ngentry data laporan, saya menjepret spanduk berdiri di samping meja loket.

Jangan Beri Toleransi

ANDA MENGALAMI/MENYAKSIKAN KKN DAN PENYALAHGUNAAN WEWENANG OLEH PETUGAS PAJAK?
JANGAN BERI TOLERANSI 
LAPORKAN MELALUI JALUR-JALUR BERIKUT
TELEPON
500200
EMAIL
pusat.pengaduan.pajak@gmail.com
ALAMAT
Direktorat Kepatuhan Internal dan Transformasi Sumber Daya Aparatur.....
lanjutannya......ndak keliatan
ada yang tahu?
spanduk yang warna hitam juga gak keliatan, tapi intinya kayaknya HENTIKAN KORUPSI...de el el.

Dalam pikiran saya, ini sekedar pantes-pantesan atau alat untuk membersihkan stigma negatif pegawai pajak di masyarakat setelah terungkapnya kasus Gayus Tambunan dan Dhana Widyatmika, dua orang pegawai pajak yang mempunyai uang milyaran rupiah di rekening pribadinya dari hasil haram kongkalikong pajak.

Pikiran positif saya muncul, baguslah kalau masyarakat dikasih jalur pengaduan, untuk mengurangi atau membumihanguskan praktek yang tidak benar, semoga saja kenyataan ini benar adanya. Biar tidak ada lagi alasan pembenaran orang tidak mau mbayar kewajiban pajaknya. Tanda terima penyampaian SPT Tahunan saya terima, "Terima kasih mbak...", lanjut balik ke kantor.


Silahkan dibaca juga:

Tidak ada komentar:

Menerima Sumbangan Komentar

Komentar saja ndak usah bayar, silahkan...monggo